KOMPUTER DAN PROFESI PENDIDIK



Pengertian Komputer Secara Umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

        1.    menerima input
        2.    memproses input tadi sesuai dengan programnya
        3.    menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
        4.    menyediakan output dalam bentuk informasi

Mari kita lihat sejenak atau kita bahas sedikit tetang sejarah perkambangan komputer. Sejarah komputer diawali dengan penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Kemudian, alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara bertahap hingga kini terciptalah perangkat canggih bernama Komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer yang masing-masing memiliki cerita tersendiri.

Alat hitung digital pertama

Komputer Generasi Pertama

Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanju yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

Komputer generasi pertama

Komputer Generasi Kedua

Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.


Komputer generasi kedua


Komputer Generasi Ketiga

Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.


Komputer generasi ketiga

Komputer Generasi Keempat

Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.



Komputer generasi keempat


Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.


Komputer generasi kelima


Komputer dikatakan sebagai alat komunikasi karena komputer dapat berinteraksi langsung dengan manusia misalnya dalam menampilkan data. Komunikasi data sendiri  adalah pentransmian data yang telah mempunyai nilai dan dibentuk menjadi kode digital. Sedangkan peran komputer  dalam komunikasi data merupakan media komunikasi data baik sebagai sumber informasi dan transmisi serta sebagai penyambung dan komunikasi bisa terjadi juga apabila ada kesamaan dalam bahasa (format). Komponen-komponen yang bertugas dalam komunikasi CPU, RAM, Hardisk, Port.

Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
  1. Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
  2. Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
  3. Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
  4. Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
  5. Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja
  6. Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
  7. Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
  8. Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas

Dulu bila ingin berkomunikasi dengan seseorang  jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
  1. Berbicara dengan teman atau saudara kita
  2. Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
  3. Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
  4. Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  5. Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll

Ada dampak positif dan dampak negatif dari kemajuan sistim komunikasi pada komputer misalnya dampak positif yaitu :
  1. Informasi lebih cepat
  2. Tidak ada batasan ruang dan waktu
  3. Meningkatkan perekonomian
  4. Meningkatkan parawisata  
Dampak negatif dari kemajuan sitem komunikasi yaitu :

  1. Timbulnya modus-modus kejahatan baru
  2. Merusak orang.

Komputer sebagai media informasi dengan dibantu jaringan internet

Bagi sekolah kejuruan yang berada di daerah yang jauh dari kota (metropolis) komputer sangat dibutuhkan sekali, karena kita bisa memberikan informasi keadaan atau kondisi di kota-kota besar. Seoarang pendidik dari sekolah kejuruan bisa memanfaatkan komputer dikala peserta didik sedang melaksanakan PRAKERI  selama 3 atau 6 bulan, biasanya peserta didik melakukan kegiatan PRAKERIN didaerah jauh yang tidak bisa terjangkau dengan waktu 1 atau 3 jam perjalanan, tetapi dengan adanya komputer yang berbantuan jaringan internet seorang pendidik akan bisa memperpendek jarak, serta seorang pendidik tidak lagi merasa mempunyai hutang ilmu kepada peserta didik karena pendidik bisa memberikan ilmu dengan jarak jauh dan bisa mengadakan evaluasi jarak jauh juga.

Sudah jelas komputer sangat membantu kita sebagai seorang pendidik, tetapi ada beberapa pendidik yang tidak mau mencoba untuk menggunakan komputer dengan alasan cukup sederhana yaitu tidak mau ribet menggunakan atau biasanya tidak mau mencoba hal baru karena beranggapan ketika menggunakan komputer kesannya susah. Nah pola pikir demikian yang harus dirubah, komputer adalah suatu hal yang menyenangkan, sesuatu hal yang akan merubah kita untuk maju kedepan, sesuatu yang membuat kita lebih ringan dalam mengerjakan sesuatu.

Bisa disayangkan jika seorang pendidik tidak mampu mengoprasikan komputer di era sekarang ini, karena era sekarang sudah era digital yang mana di kerjakan hampir menggunakan komputer, apakah kita harus menjadi orang terbelakang dengan tektologi atau bahasa kerennya GAPTEK (Gagap Teknologi) tentu kita tidak mau disebut “GAPTEK”. Dengan demikian bagi seorang pendidik harusnya mampu menggunakan komputer untuk kemajuan dirinya dan kualiatas dirinya sebagai seorang pendidik.


Pendidik yang tidak peduli terhadap teknologi

Demikaian sekilas paparan penulis tentang komputer dan profesi pendidik, maaf jika ada pembaca yang merasa tersinggung, tetapi ini hanya suatu motivasi supaya kita tidak dianggap “GAPTEK”.



Referensi:
http://komputerflas.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-perkembangan-komputer.html diambil pada tanggal 05 Maret 2017
http://aliemscorporation.blogspot.co.id/2013/09/komputer-sebagai-alat-informasi-dan.html diambil pada tanggal 05 Maret 2017
http://www.academia.edu/5472345/SEJARAH_PERKEMBANGAN_KOMPUTER_DARI_MASA_KE_MASA diambil pada tanggal 05 Maret 2017

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK