INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK


Internet.....internet.....internet... sudah tidak asing lagi di telinga kita ketika mendengar internet, banyak orang yang bilang bahwa internet itu “mie pake kornet” itu kl tukang mie yang mengatakannya... tp lain dengan internet yang satu ini,,,internet yang akan di bahas adalah  interconnection-networking, tapi jika secara akronim tidak resmi internet dalam bahasa indonesia yaitu International Network, tetapi kita tidak akan bahas internet tukang mie dan singkatan dari internet itu sendiri, akan tetapi kita bahas tentang internetnya itu sendiri.

Perkembangan internet sangatlah pesat. Bagaimana tidak, yang tadinya hanya bisa dinikmati orang-orang tertentu saja dan fungsinya terbatas, kini semua orang bisa menggunakannya tanpa terkecuali dengan akses informasi yang jauh lebih luas dan fungsi yang lebih beragam. Hal itu tentunya ditennggarai oleh penemuan-penemuan hebat yang ada di internet itu sendiri. Mungkin hanya masyarakat daerah pedesaan di Indonesia saja yang belum terdapat akses internet, karena pembangunan jaringan internet di Indonesia tidak merata. Memang mungkin cukup sulit mengembangkan internet di Indonesia ketimbang di negara lain, karena negara kita adalah negara kepulauan yang setiap pulau berpisah-pisah.

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Tetapi Apa itu internet ? intenet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis sehingga yang dinamis dan interaktif. Terus apa jaringan komputer itu? Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi yang memiliki hubungan timbal balik, misalnya dalam satu kantor atau gedung.

Mari kita lihat sejarah dan perjalanan dari internet itu sendiri...........

Awal internet dimulai pada bulan Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.

Galactic Network

Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan  seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.


Jaringan ARPANET

Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer. Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.

Pada tahun 1972 sejarah perkembangan internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.


pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina). 


Tahun 1979 news group USENET


seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Sejarah internet, pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulka sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.



Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.




di tahun 2000 Internet berkembang begitu pesat, hal ini bisa dibuktikkan dengan munculnya milyaran situs di dunia. Dan bisnis digital pun telah menjadi trend di berkat perkembangan dari internet

Perkembangan Internet


Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.

Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di Kotamadya Bandung yang di pelopori oleh bupati Ridwan Kamil yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:

1.     Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2.    Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat

Di Indonesia sendiri, internet merupakan media komunikasi yang mulai populer di akhir tahun 1990. Perkembangan jaringan internet di Indonesia dimulai pada pertengahan era 1990, namun sejarah perkembangannya dapat diikuti sejak era 1980-an. Pada awal perkembangannya, kehadiran jaringan internet diprakarsai oleh kelompok akademis/mahasiswa dan ilmuwan yang memiliki hobi dalam kegiatan-kegiatan seputar teknologi komputer dan radio. Para akademis dan ilmuwan tersebut memulai berbagai peercobaan di universitas dan lembaga pemerintah dengan melakukan penelitian yang berhubungan dengan teknologi telekomunikasi, khususnya komputer beserta jaringannya. Karenanya, internet hadir sebagai bagian dari proses pendidikan di universitas dan berfungsi memudahkan pertukaran data dan informasi, yang hadir tidak hanya dalam lingkungan kampus/lembaganya saja, melainkan antar kampus dan antar negara. Bagi dunia pendidikan saat ini internet sangat dibutuhkan karena semua informasi di seluruh dunia bisa diakses dengan menamfaatkan internet tersebut, apalagi untuk daerah terpencil yang jauh dari kota, internet sangat berguna untuk melihat perkambangan di kota, pendidik tidak lagi kesulitan mencari sebuah informasi yang terjadi di kota besar atau di sebuah negara, bagi pendidik internet sangat bermanfaat, diataranya :
1. Sebagai sarana InformasiInternet dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, yang bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal maupun cara mengerjakannya. 
2. Sarana mempermudah  pencarian referensi, internet juga mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia. 
3. Sebagai sarana pembelajaran, Internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Selain itu, internet juga merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru melalui tips&trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.
4. Menyediakan fasilitas multimedia, Internet sebagai penyedia informasi memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan,menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dsb.
5. Penyedia sumber informasi yang relatif murah, Bagi orang yang membutuhkan informasi secara sesaat maupun mendadak, internet merupakan penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah apabila dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu internet juga meringankan beban siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang notabene lebih mahal.
6. Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan, Internet dapat memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.
7. Sarana mencari beasiswa, Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat kita akses di lingkunga sekolah maupun kampus. Dengan internet, kita juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.
8. Mendorong penguasaan bahasa asing, Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tanpa batas, termasuk informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong pengguna untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik. 
9. Mendorong kreatifitas dan kemandirian, Infromasi yang diperoleh melalui internet dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya dalam berkarya. Internet juga dapat mendorong dan memotivasi siswa maupun mahasiswa dalam mengembangkan intelektual dapat mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkan. 
10. Sarana pendidikan jarak jauh, Internet memungkinkan kita untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimanapun kita berada.
11.  Sarana penyimpanan informasi, Terkadang, informasi maupun materi pelajaran yang kita catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya internet, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi maupun materi pelajaran di internet dan dapat Anda akses sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.

Dari manfaat diatas sangan jelas betapa pentingnya internet bagi pendidikan, terutama bagi peserta didik SMK jurusan pemasaran, karena didalam strategi pemasaran untuk jaman sekarang banyak menggunakan internet, disana para siswa bisa membuat sebuah prodak dimana prodak tersebut bisa dipasarkan tanpa menggunakan gudang atau tempat untuk mendisplay prodak yang peserta didik buat, coba kita lihat video dibawah ini tentang perbedaan antara strategi pemasaran secara tradisional dengan menggunakan internet

Dengan tayangan di atas sudah jelas bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan internet akan lebih pesat dan mengurangi biaya oprasional, dengan jelas bahwa internet bagi dunia pendidikan terutama pagi peserta didik SMK jurusan pemasaran sangat penting, tinggal bagai mana cara peserta didik SMK untuk membuat dan meramu atau mengekspresikan imajinasi seninya kedalam bentuk promosi on line yang menarik.

Jadi sudahlah sangat jelas internet bagi seorang pendidik sangatlah terbantu, peserta didik yang berada di daerah jauh dari keramaian kota tidak lagi bisa dikatakan "kampungan atau g melek internet" jika seandainya pendidik mau mengenalkan informasi dunia luar kepada peserta didik, karena informasi tetang pembelajaran kuncinya ada di seorang pendidik, jika pendidiknya melek internet maka peserta didiknya akan menambah wawasan dan menambah pengetahuan, akan tetapi jika pendidiknya tidak peduli terhadap internet maka peserta didik nya akan jadi minder atau malu untuk bergaul dengan dunia luar (ceuk bahasa sundanamah "Kurung Batokkeun").

Baiklah...mungkin ini yang bisa disampaikan mengenai INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK terutama pendidik dibidang Pemasaran, mudah mudahan bermafaat dan marilah mulai sekarang bagi pedidik yang telah membaca blog ini untuk meningkatkan kwalitas mengajar dengan di bantu oleh internet. Mungkin dilain waktu kita bahas lagi tentang masalah yang lain, Hatur Nuhun...

Referensi :
http://simplyknowledge.com/popular/invention_detail/internet diambil tanggal 27 Maret 2017
https://personalpages.manchester.ac.uk/staff/m.dodge/cybergeography/atlas/historical.html diambil tangga 25 Maret 2017
https://alchetron.com/J-C-R-Licklider-1385995-W diambil tangga 25 Maret 2017
http://bidakara.ac.id/ray-tomlinson-pencipta-e-mail-tutup-usia/ diambil tangga 25 Maret 2017
ttps://www.htpcbeginner.com/what-is-usenet/ diambil tangga 25 Maret 2017
https://blog.idwebhost.com/redaksi/apa-itu-dns-domain-name-system-dan-cara-
kerja/ diambil tangga 25 Maret 2017
http://hpwren.ucsd.edu/~hwb/NSFNET/NSFNET-200711Summary/diambil tangga 25 Maret 2017
http://ariecazz.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-penting-perkembangan-internet.html diambil tangga 25 Maret 2017
Wibowo, L.A. 2014. Strategi Pemasaran. Materi PLPG Sertifikasi Guru Pemasaran. Garut, 27 Maret 2017



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring