Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional




A.      Pengertian E-Book
E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe. Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security.
Seiring berkembangnya dunia digital saat ini, ebook juga berkembang menjadi suatu produk yang sangat disukai oleh orang-orang. Selain ebook dalam bentuk pdf, kita juga dapat menjumpai ebook dalam bentuk exe. Sama seperti ebook berbentuk pdf, ebook dalam bentuk exe ini juga harus kita installernya. Agar nantinya kita dapat membaca ebook tersebut.
Dunia ebook saat ini memang menjadi suatu trend dan sangat memudahkan orang-orang penulis untuk dapat menyebarkan tulisan-tulisannya dengan mudah dan gampang. Dengan pemikiran teknisnya aja, kita dapat membayangkan jika ebook tidak memakan biaya yang sangat besar seperti halnya dengan sebuah buku. Macam-macam tulisan banyak terdapat dalam ebook yang mempunyai berbagai kategori penulisan juga.

B.       Fungsi/Kegunaan Buku Digital
1.        Sebagai sarana pembelajaran
2.        Untuk media pembelajaran
3.        Untuk media bisnis

C.  Format Buku E-Book
1.        PDF (Portable Document Format)
Format PDF telah dikenal secara luas. Format buku berbentuk digital ini pun mudah dibuat dengan program-program yang biasa sobat gunakan. Misalnya saja dengan menggunakan Microsoft Office 2007. Format file PDF juga mudah dibuka dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau FoxIt Reader.
Tapi sayangnya, teks dalam beberapa format file PDF tidak bisa berubah mengikuti ukuran layar yang kecil. Misalnya saja bila format PDF dibuka dengan menggunakan Kindle, Sony Reader atau iPhone. Bila dipaksakan, pembaca harus memperbesar tampilan buku berbentuk digital atau menggunakan scroll ke kanan dan ke kiri agar bisa membaca baris-baris teks.
2.        EPub (Electronic Publication)
Format ini merupakan format standar yang digunakan untuk buku berbentuk digital. Saat ini, ePub semakin populer dan telah didukung oleh banyak piranti. Format ePub dapat dibuka dengan beragam piranti eReader seperti iPhone, iPod Touch, iPad, Sony Reader dan beberapa piranti lainnya. Selain itu, format ePub juga dapat dibuka pada beragam sistem operasi dengan bantuan aplikasi tertentu.
Keunggulan format buku berbentuk digital ini adalah ukurannya yang relatif kecil dan tampilan halaman yang dinamis. Format ini mampu menyesuaikan dengan ukuran layar piranti yang menampilkannya dan dilengkapi dengan daftar isi yang memudahkan akses pembacanya.
3.        DjVu
Format buku berbentuk digital ini dikhususkan untuk dokumen-dokumen hasil scan. Kelebihan format DjVu adalah mampu menyimpan dan menampilkan hasil scan dengan resolusi tinggi (300-400 DPI). Selain itu, ukuran file yang dihasilkan juga relatif kecil walau terdiri dari banyak image di dalamnya. Ukuran file DjVu bahkan lebih kecil dari format file JPEG dengan kualitas yang sama. 
Untuk membuka file dalam format DjVu pada PC (Personal Computer) atau piranti eReader, dibutuhkan aplikasi pendukung seperti aplikasi DjView, Okular atau Evince untuk Linux, VuDroid untuk Android, dan Stanza untuk iPhone/ iPad.
4.        Mobipocket
Format buku berbentuk digital Mobipocket menggunakan ekstensi .prc atau .mobi. Format buku berbentuk digital ini selama beberapa tahun telah menjadi format buku berbentuk digital yang paling populer untuk membaca buku via PDA atau Smartphone (Windows Mobile, Blackberry, Palm OS, Symbian, PocketPC dan seterusnya).
Kelebihan format buku ini adalah huruf-huruf pada buku berbentuk digital jelas terbaca dan tersusun rapi dalam paragraf-paragraf sehingga tidak membuat mata lelah meskipun membaca buku pada piranti dengan layar berukuran kecil. Di samping itu, format file ini ringan sehingga tidak mengkonsumsi banyak power baterai. Untuk membuka file berekstensi .prc, diperlukan softwarependukung yang bernama Mobireader.

D.   Manfaat E-Book
Ada banyak manfaat dari E-Book, antara lain:
1.    Ukuran fisik kecil, Karen eBook memiliki format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar).
2.    Mudah dibawa, Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
3.    Tidak lapuk, eBook tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
4.    Mudah diproses, Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
5.    Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca, Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.
6.    Penggandaan (duplikasi, copying), eBook  sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal. (Tentunya kemudahan penggandaan ini memiliki efek ganda, yaitu mudah dibajak. Tapi ini cerita lain.)
7.    Mudah didistribusikan, Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet. Pengiriman  eBook dari Amerika ke Indonesia dapat dilakukan dalam orde waktu menit dan murah. Buku langsung dapat dibaca sekarang juga. Pengiriman buku secara fisik membutuhkan waktu yang lama (harian & bahkan mingguan) dan mahal. Belum lagi ada masalah buku yang hilang diperjalanan. Proses distribusi secara elektronik ini memungkinkan adanya perpustakaan elektronik dimana seseorang dapat meminjam buku melalui Internet (check out counter di Internet) dan buku akan dikembalikan setelah masa peminjaman berlalu. Perusahaan Adobe tengah percobaan ini.

E. Kekurangan dan kelebihan Buku Digital (E-Book)
Keunggulan Buku Digital
Sampai kini format buku berbentuk digital telah diadopsi oleh banyak kalangan untuk menerbitkan dan menyebarluskan karya-karya dari berbagai disiplin ilmu. Format buku berbentuk digital semakin disukai karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan format buku dalam bentuk konvensional. Keunggulan buku digitaladalah sebagai berikut :
1.    Mudah dibawa bepergian dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Penyimpanannya bisa di PC (Personal Computer), laptop, ponsel atau piranti elektronik yang secara khusus disediakan untuk menyimpan dan membaca buku berbentuk digital. Dengan demikian, tidak perlu menambah lemari-lemari buku seiring koleksi buku  yang bertambah banyak. Saat bepergian membawa laptop, ponsel atau piranti elektronik khusus untuk buku ini, maka koleksi buku pun telah turut terbawa dan dapat dinikmati dalam perjalanan.
2.    Format buku ini bisa didapatkan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet.  Tidak perlu menyisihkan waktu untuk menemukan toko buku dan mencari koleksi buku yang butuhkan. Melalui internet, kita dapat membeli dan mendownload buku-buku favorit di mana pun berada. Di Indonesia, Gramedia sebagai toko buku terbesar juga telah menawarkan format buku berbentuk digital kepada para pembacanya. Memang format buku digital tidak hanya memberi manfaat yang besar untuk para pembaca buku. Para penerbit pun menuai keuntungan dengan menerbitkan buku berformat digital.
Penerbit-penerbit buku bisa menghemat ongkos cetak, kertas, tinta, biaya kirim ke toko-toko buku, biaya retur buku dan biaya pemasaran buku. Hanya beberapa komponen saja yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku secara digital seperti biaya layout, desain cover, royalti penulis, dan beberapa biaya pendukung lainnya. Dengan biaya produksi yang rendah ini pula, maka harga buku pun menjadi lebih murah. Keadaan ini tentunya akan semakin merangsang minat untuk membaca.
Bagi para penulis terutama penulis pemula yang ingin menerbitkan bukunya secara indie, format digital menawarkan proses pembuatan dan pendistribusian buku dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Promosi pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan blog dan beragam jejaring sosial yang menjamur saat ini.
Kekurangan Buku Digital
Setiap barang di dunia ini tidak ada yang sempurna, apabila memiliki suatu kelebihan pastilah barang tersebut meiliki kekurangan, itupun terjadi pada buku digital ini. Biasanya Banyak terjadi pelanggaran hak cipta, karena pendistribusian melalui dunia digital, ataupun internet itu sangat mudah. Sehingga orang dapat menggandakan buku digital ini hanya dengan melakukan transfer data dari gadget satu ke gadget lainnya. Meskipun memiliki banyak nilai plus, format buku digital juga memiliki beberapa nilai minus. Misalnya saja, keluhan dari para pembaca buku berbentuk digital yang mungkin muncul akibat terlampau sering membaca buku di komputer, layanan internet yang belum menjangkau semua daerah. Sehingga menghambat akses memperoleh buku berbentuk digital, dan peluang besar terjadinya pelanggaran hak cipta karya tulis sebagai akibat mudahnya distribusi format digital melalui internet.   
Pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran hak cipta dengan menyebarluaskan sebuah buku ini tanpa izin dari penerbit atau penulisnya sebenarnya telah dilakukan dengan adanya DRM. DRM (Digital Rights Management) biasanya dikeluarkan oleh toko-toko online penjual buku ini. Dengan melengkapi formulir DRM yang diberikan oleh toko bukuonline saat melakukan pembelian buku berbentuk digital, berarti setuju untuk tidak menyebarluaskan buku berbentuk digital yang dibeli. Tak hanya mencegah menyebarluaskan buku berbentuk digital, DRM juga mencegah melakukan konversi format file buku digital ke dalam format file lainnya. DRM membatasi untuk menampilkan buku berbentuk digital hanya pada peranti tertentu yang telah ditentukan oleh penerbit atau penulis buku. Walaupun tampak cukup tangguh mengamankan distribusi ilegal terhadap buku berbentuk digital, tetapi tentu saja DRM memiliki celah untuk dibongkar meskipun dengan cara yang cukup sulit
.

I.      Membuat Ebook dengan Nitro PDF Professional


Nitro PDF Professional merupakan sebuah software yang sangat bagus untuk menangani file PDF. Tidak hanya dapat digunakan untuk membaca file PDF saja, tetapi kita juga dapat dengan mudah membuat, mengatur, mengedit, menggabungkan, dan melakukan konversi format PDF. Dan masih banyak terdapat fitur lainnya.

Nitro PDF memiliki tampilan yang sangat menarik jika dibandingkan program sejenisnya, membuat kita nyaman menggunakan software ini. Tampilan dari Nitro PDF Professional mirip dengan tampilan Microsoft Office 2007/2010, sehingga kita dapat dengan mudah untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia didalamnya. Selain itu Nitro PDF juga sangat ringan dan cepat ketika dijalankan.

Dibandingkan Adobe Reader dan Adobe Acrobat yang biasanya digunakan oleh banyak orang, rasanya Nitro PDF jauh lebih bagus dijadikan sebagai program pembaca file PDF, membuat atau mengeditnya. Karena program yang satu ini benar-benar complete untuk menangani file dalam format PDF.

Berikut ini beberapa fitur utama Nitro PDF :
1.            Sebagai PDF Reader (untuk membaca file PDF)
2.            Mengedit file PDF dengan sangat mudah, sekalipun bagi orang yang awam
3.           Dapat mengkonvert (merubah) file Ms. Office (word, excel, powerpoint dsb) kedalam File PDF.
4.            Dapat mengkonvert file Pdf kedalam file Ms. Office (word, excel, powerpoint dsb).
5.            Dapat mengkonvert semua jenis file (mis : .txt, .jpg (file gambar) kedalam bentuk file PDF dan sebaliknya.
6.          Sekaligus dapat mengkonvert, edit dan mengkombinasikan (combine) beberapa file Pdf menjadi 1 file PDf.
7.        Nitro Pdf Professional langsung bisa terintegrasi dengan Ms. Office (didalam Ms. Office ada menu khusus Nitro Pdf Professional), kegunaan dari integrasi dengan Ms. Office ini yaitu mempermudah kita mengkonversi Ms. Office kedalam File PDf tanpa berpayah-payah membuka aplikasi Nitro PDF Professional.
8.         Berjalan pada semua OS windows (XP, Vista dan 7) dan masih banyak lagi fitur-fitur mantap lainnya dari Nitro PDF Professional.

Berikut ini cara menggunakan Nitro PDF
Pastikan anda telah menginstal aplikasi tersebut , Saya akan menjelaskan bagaimana cara menconvert ke pdf dengan menyisipkan password.
1. Buka File Microsoft Word yang akan dijadikan dalam bentuk PDF. Setelah terbuka pilih menu nitro pdf proffesional kemudian klik toolbar create pdf ,disini anda bisa menyisipkan password atau tidak.kemudian klik create
 

2. Akan muncul jendela baru anda bisa memilih penyimpanan file pdf tersebut
 

3. Maka File Pdf akan tersimpan seperti gambar di bawah ini

4.Ketika kita membuka file ini maka akan terbuka file  pdf dalam bentuk seperti di bawah ini
 


B. Membuat Digital Book dengan 3D PageFlip Profesional 

3D PageFlip adalah aplikasi flash flipbook yang dapat digunakan untuk mengubah file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel ke bentuk flipbooks. Dengan software flash flipbook, Anda dapat membuat majalah, katalog, e-brosur, eBook atau e-surat kabar menakjubkan berbentuk 3D..dengan kata lain dengan software ini kita dapat membuat majalah online atau epaper dengan cara menjadikan file flash lalu embed ke page html halaman web atau blog.

Software ini sangat bagus menurut saya bagi Anda yang ingin membuat majalah untuk toko online maupun katalog product..selain itu juga bisa membuat buku dari file office dengan tampilan 3D dengan template yang keren selain itu kita bisa memasukkan file video yang bisa kita tautkan kedalamnya.

Langkah – langkah membuat E-Book (Buku digital) menggunakan 3D PageFlip, yaitu sebagai berikut :

1.    Install software 3D PageFlip Pro dan masukkan serial key agar menjadi Full Version.
2.  Jalankan aplikasi 3D PageFlip Pro tersebut dengan mengklik Icon 3D PageFlip di deskop komputer.
  3.  Maka akan muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut ini :


4.    Klik “Create New” (gbr) dan pilih project tipe “Magazine” sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

5.    Klik “Select Template” jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat. Sehingga muncul beberapa item pilihan template sebagai berikut :

6.    Setelah klik “OK” maka muncul tampilan sebagai berikut :
  
7.    Klik “Browser” untuk mencari dan memilih file pdf yang ada di komputer kita untuk diubah menjadi  berbentuk 3D Page Flip Lalu pilih All pages dan klik import now.

8.    Setelah mengklik “Import Now” maka muncul tampilan sebagai berikut :
Klik Edit Pages untuk mengedit/mengubah tampilan. 


9.    Untuk menambah Sound, klik “Add Sound(s)”
 


10. Untuk menambah video, klik “Add Movie(M)”

 
11.  Untuk menambah gambar, klik “Add Image(I)”




12.  Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah klik “Apply Change”
13.  Mempublish bahan ajar 3D PageFlip
 Untuk mempublish bahan ajar 3D PageFlip dapat dilakukan dengan cara mengklik menu “Publish”. 
Setelah mengklik menu “Publish”Atur dimana output  3D itu akan disimpan dengan cara mengklik “Browse” dan berikan nama file,  Klik “Convert” jika pengaturan publish telah selesai.



Referensi ;

http://genisuniartie.blogspot.co.id/2016/03/mengenal-nitro-dan-3d-page-flip.html

http://nugrahaa167.blogspot.co.id/2016/03/e-book-dan-3d-pageflip-professional.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK