Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring


Hai...hai...hai.. kembali dengan didda... disini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit ilmu tentang cara membuat multimedia dengan menggunakan perangkat lunak iSpring. Tapi sebelum kepada cara membuat saya akan memjelaskan apa itu iSpring.

iSpring Presenter adalah software pembelajaran yang terintegrasi (add ins) dengan perangkat lunak Microsoft Power Point. ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point menjadi bentuk flash dan bentuk SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar. Dengan iSpring Presenter bahan ajar dapat disajikan secara interaktif dan menarik. Selain itu evaluasi pembelajaran dapat disajikan dalam aneka bentuk. Misalnya True/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text dan Word Bank. Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit.

Aplikasi iSpring fungsinya adalah untuk memasukkan interaktivitas tambahan dalam Microsoft Powerpoint dan mengekspor powerpoint ke beberapa format tertentu (disarankan menggunakan Powerpoint 2007 ke atas). Untuk versi yang terbaru, sudah dapat dlakukan eksport untuk mobile dalam format HTML5. Interaktivitas tersebut dapat berupa animasi Flash (.swf), kuis, video khususnya .flv dan dari Youtube, dan sebagainya. Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).Ispring secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga kita tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah:

1.        iSpring bekerja sebagai add-ins Powerpoint, untuk menjadikan file Powerpoint lbih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hamper setipa computer dan platform.
2.     Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
3.      Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
4.         Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).

Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.  Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006)

Sebelum kita melangkah membuat iSpring kita harus menginstal dulu program iSpring, cara nya kita bisa lihat tayangan dibawah ini.


Setelah kita lihat tayangan cara menginstal iSpring sekarang kita lanjut kepada tayangan cara membuat iSpring


Sekarang Cara Membuat Multimedia dengan I Spring Presenter
Berikut ini adalah gambar tipe kuis yang dapat dibuat dengan ISpring Presenter.




Ada beberapa menu utama yang ada dalam iSpring Presenter dapat dilihat pada gambar di bawah:

Setelah itu langkah untuk mempublikasi presentasi Multimedia :\


1. Siapkan hasil presentasi dalam bentuk format Microsoft PowerPoint, dengan syarat di dalam hasil presentasi tersebut sudah ada minimal 3 media, yaitu teks, video, audio.

2. Klik Ispring Presenter

dan tampilan menjadi di bawah ini

3. Klik Publish

Kemudian klik CD, sehingga tampilan menjadi:

kemudian klik general sehingga tampilannya menjadi

Langkah selanjutnya:
         Isi Presentation title dan file name dengan nama materi MMI
         Pilih penyimpanan hasil publish di Local folder sesuai dengan yang diinginkan.
         Pada Slide Range, klik All slides
         Pada Flash output, klik All in one Flash file, Generate EXE, dan Full screen playback
         Pada Player Template, klik pada bagian Player untuk memilih tampilan MMI (Template). Untuk  men setting template klik Customize,Kemudian, klik Playback and Navigation, seperti gambar berikut ini:

Check list hanya pada Start presentation automatically (seperti gambar di atas) Kemudian, klik Compression, seperti gambar berikut ini:

Langkah selanjutnya, ikuti seperti gambar di atas
Kemudian klik Advance, seperti gambar di bawah ini:



Langkah selanjutnya, klik Background untuk memilih warna latar MMI dan Preloader untuk memilih tampilan ketika hasil publish di jalankan. Untuk yang lainnya ikuti seperti gambar di atas.
Kemudian klik Protection, seperti gambar di bawah ini:

Langkah selanjutnya:
• Check list Add watermark kalau MMI yang dipublish ingin diberi watermark
• Check list Password Protection kalau MMI yang dipublish ingin diberi password untuk menjalankannya

4. Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya lakukan publish dengan cara meng klik publish, seperti gambar di bawah ini:



Selanjutnya tunggu hasil dari publish MMI nya seperti gambar di bawah ini:


Sekarang bagaimana caranya Manajemen Presentasi  ? kita lihat langkah langkahnya di bawah ini beserta penjelasannya  ;
1. Presentation Explorer
Presentation Explorer adalah sebuah tool yang efisien untuk mengatur struktur presentasi dan pengaturan lanjut, menambahkan media (audio, video, narasi atau kuis) dalam satu jendela.

Dengan Presentation Explorer dapat dengan mudah diatur :
a.     Pengorganisasian Multilevel Navigation
b.     Memanage Hidden Slide
c.     Edit judul Slide
d.     Menambahkan presenter ke slide
e.     Mengatur Playback mode – manual atau automatic
f.     Mengatur durasi slide
g.     Impor narasi Audio ke slide
h.     Impor narasi Video ke slide
i.      Menambah Quiz
• Presenters
Untuk menambahkan presenter pada slide terpilih, klik Presenters

Selanjutnya klik Presentation Explorer, seperti gambar di bawah ini:

2. Narration
a. Audio Recording
Kita bisa merekam narasi audio dengan cara membaca teks dengan keras atau narasi lainnya dan mensinkronisasi dengan slideshow. Klik Record Audio

Langkah untuk merekam audio :
• Klik Record Audio
 • Pilih slide yang akan ditambahkan narasi atau pilih slide slide untuk mulai merekam pada menu drop-down slide.
• Klik Start record untuk mulai merekam narasi audio
• Klik OK untuk menyimpan perubahan

b. Video Recording

Presentasi bisa ditambahkan narasi yang berupa video, menggunakan webcam dan software iSpring Presenter Master Edition. Klik Record Video dan rekam film.

Merekam Video:
• Klik Record Video

• Pilih slide yang akan ditambahkan rekaman video dari drop-down menu
• Klik Start record untuk mulai merekam video.
• Klik OK untuk menyimpan perubahan.


Sampai di sini akhir dari sebuah cerita tentang ‘CARA MEMBUAT MMI DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ISPRING, dan semoga bermanfaat.... ok..by...by

Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK