keyboard dan Microsoft Excel

Pada postingan blog sebelumnya saya pernah bahas tentang pengertian dan sejarah komputer, tetapi tidak apa apa jika kita menginat kembali tentang pengertian komputer. Pengertian Komputer Secara Umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.


Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • 1.      menerima input
  • 2.      memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • 3.      menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • 4.      menyediakan output dalam bentuk informasi

Didalam komputer dibagi menjadi dua bagian perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak, Perangkat keras komputer atau Hardware adalah semua komponen pada komputer yang berbentuk fisik dan digunakan oleh sistem komputer untuk menjalankan perintah sesuai yang telah diprogramkan di dalamnya
Disini saya akan membahas sedikit bagian komponen masukan dari perangkat keras, bagian tersebut adalah tentang Keyboard dan ini sebenarnya bagian penting dalam perangkat keras di dalam komputer.

Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.
Sebelum membahas pada fungsi keyboard kita melihat dulu sejarah dari keyboard........

Mesin tik cikal bakal munculnya keyboard


Penciptaan Keyboard (Papan Ketik) Komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Papan ketik komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh Teletype. Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang punched card reader sebagai alat masukka dan keluaran. Meskipun pengembangan perangkat input alternatif seperti tetikus, layar sentuh, perangkat pena, pengenalan karakter dan pengenalan suara, perangkat papan ketik tetap yang paling fleksibel dan paling sering digunakan untuk langsung manusia masuk ke komputer. Papan ketik biasanya memiliki karakter yang diukir atau dicetak di masing-masing tombol dan tekan tombol biasanya simbol tertulis tunggal. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol harus menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau secara berurutan. Sementara tombol papan ketik yang menghasilkan huruf, angka atau tanda-tanda karakter, tombol lain atau menekan tombol secara bersamaan dapat menghasilkan tindakan atau perintah pada komputer. Dalam penggunaan normal, papan ketik digunakan untuk memasukkan teks dan angka ke dalam pengolah kata editor, teks atau program lain. Dalam sebuah komputer modern, penafsiran umumnya tombol kiri untuk perangkat lunak. Sebuah papan ketik komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lainnya dan melaporkan semua penekanan tombol untuk mengontrol perangkat lunak. Papan ketik juga digunakan untuk permainan komputer, baik dengan papan ketik biasa atau papan ketik khusus yang menggunakan fitur game, yang dapat mempercepat kombinasi tombol yang sering digunakan. Sebuah papan ketik juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer, seperti Ctrl-Alt-Delete di Windows, yang menyediakan jendela tugas menutup komputer. Ini satu-satunya cara untuk memasukkan perintah pada antarmuka baris perintah.


Keyboard (Papan Ketik) Komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A Sampai Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, keyboard menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.  




Christopher Latham Sholes
Christopher Latham Sholes Lahir (14 Februari 1819 - 17 Februari 1890) adalah penemu dari Amerika yang menemukan mesin tik praktis pertama dan keyboard QWERTY dan masih digunakan sampai sekarang , Ia juga seorang penerbit surat kabar dan politisi Wisconsin..
Lahir di Mooresburg, Pennsylvania, Sholes pindah ke Danville dekatnya sebagai remaja, di mana ia bekerja sebagai pegawai magang  printer. Setelah menyelesaikan magang, Sholespindah ke Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1837. Ia menjadi penerbit surat kabar dan 

,melayani di Wisconsin Negara, Senat 1848-1849 1856-1857, dan Majelis Negara Wisconsin1852-1853.  Ia berperan penting dalam gerakan sukses untuk menghapuskan hukuman matidi Wisconsin : surat kabar, The Telegraph Kenosha, melaporkan pada persidangan JohnMcCaffary pada 1851, dan kemudian pada tahun 1853 ia memimpin kampanye di WisconsinMajelis Negara , Ia adalah adik dari Charles Sholes (1816-1867) yang penerbit koran danpolitikus yang bertugas di kedua majelis Legislatif Negara Wisconsin dan sebagai walikotaKenosha, Wisconsin.

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

Keyboard Serial
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

Keyboard PS/2
Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard

3. Keyboard Wireless 
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra redwifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Keyboard dan Mouse Wireless

4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat.





Keyboard USB


Berikut jenis-jenis keyboard:

Qwerty



Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebutKeyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

Dvorak



Dvorak  keyboard

Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak 

Selanjutnya, kita bahas fungsi daripada keyboard berdasarkan tombol-tombolnya. Berikut penjelasannya.
·                     Keyboard berdasarkan tombol ketiknya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada di dalam komputer.
·                     Keyboard berdasarkan tombol kontrolnya dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka dapat membuka jendela explorer.
·                     Keyboard berdasarkan tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
·                     Keyboard berdasarkan tombol alternatenya memiliki tombol seperti ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoperasian komputer.
·                     Keyboard berdasarkan tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir kalimat.
·                     Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian.
1.             Alt (Menampilkan Alternatif Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain)
2.             ALT + A (Menampilkan the Action menu)
3.             ALT + DELETE (Menampilkan Windows menu)
4.             ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties untuk item yang dipilih)
5.             ALT + ESC (Mengganti tampilan program secara beruturan melalui item yang telah dibuka)
6.             ALT + F (Menampilkan File menu pada program yang sedang dibuka)
7.             ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)
8.             ALT + HOME (Menampilkan menu dialog Start)
9.             ALT + huruf digarisbawahi dalam nama menu (Lakukan perintah yang sesuai atau pilih opsi yang sesuai)
10.         ALT + INSERT (Mengganti tampilan program-program yang terakhir digunakan)
11.         ALT + O (Menampilkan menu Favorites)
12.         ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)
13.         ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)
14.         ALT + PRINT SCRN + PINTER AKTIF (Mencetak Windows Aktif)
15.         ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu shortcut/ Sistem untuk jendela aktif)
16.         ALT + TAB (Beralih antara program/ item yang terbuka)
17.         ALT + tanda Minus [ - ] (Menampilkan menu jendela jendela konsol yang aktif)
18.         ALT + V (Menampilkan menu View)
19.         ARROW/ tombol Panah (Pilih sebuah tombol jika pilihan aktif adalah group tombol pilihan)
20.         BACKSPACE (Melihat folder satu level ke atas di My Computer atau Windows Explorer/ jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog, atau menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor pada text aktif)
21.         CTRL + 1 (Single Spacing)
22.         CTRL + 2 (Double Spacing)
23.         CTRL + 5 (1,5 lines)
24.         CTRL + A (Pilih semua)
25.         CTRL + ALT + BREAK (Beralih tampilan komputer antara jendela dan layar penuh)
26.         CTRL + ALT + Minus sign [ - ] (Membuat snapshot dari jendela aktif pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal)
27.         CTRL + ALT + Plus sign (+) (Membuat snapshot dari seluruh area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal)
28.         CTRL + B (Membuka kotak dialog Atur Favorit/ Bold)
29.         CTRL + C (Copy)
30.         CTRL + D (Font)
31.         CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan / kursor ke awal paragraf berikutnya)
32.         CTRL + E (Open the select bar/ Center Alignment)
33.         CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir/ Menampilkan menu Start)
34.         CTRL + F (menampilkan kotak dialog “find”/ “search” untuk mencari suatu data/ kata)
35.         CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
36.         CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan/ ketika hanya ada satu jendela aktif, jalan pintas ini akan menutup konsol)
37.         CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
38.         CTRL + G (Mengaktifkan menu ‘Go To’ untuk menuju ke page tertentu)
39.         CTRL + H (Membuka kotak dialog History bar/ membuka kota replace)
40.         CTRL + HOME (Pindah ke karakter pertama)
41.         CTRL + I (Italic)
42.         CTRL + I (Membuka Favorites bar)
43.         CTRL + J (Justify Alignment)
44.         CTRL + K (Insert Hyperlink)
45.         CTRL + L (Buka kotak dialog Open/ Left Alignment)
46.         CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)
47.         CTRL + Left Arrow (Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
48.         CTRL + M (Incrase Indent)
49.         CTRL + N (New/ Buka konsol baru/ Start contoh lain dari browser dengan alamat Web yang sama)
50.         CTRL + O (Membuka kotak dialog baru/ membuka file baru)
51.         CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau aktif pane)
52.         CTRL + Q (Normal Style)
53.         CTRL + R (Memperbarui halaman Web ini/ Right Alignment)
54.         CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan/ kursor ke awal kata berikutnya)
55.         CTRL + S (Menyimpan halaman yang terbuka)
56.         CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui tab)
57.         CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Sorot blok teks)
58.         CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat cara pintas ke item yang dipilih)
59.         CTRL + T (Hanging Indent)
60.         CTRL + U (Underline)
61.         CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan/ kursor ke awal paragraf sebelumnya)
62.         CTRL + V (Mempaste/ menempel bagian yang telah di-copy atau di-cut)
63.         CTRL + W (Menutup jendela aktif)
64.         CTRL + Windows Logo + F (Mencari for komputer)
65.         CTRL + X (Cut/ potong file/ bagian yang dipilih)
66.         CTRL + Y (Redo/ kembali ke perintah selanjutnya yang telah terhapus)
67.         CTRL + Z (Undo/ kembali pada perintah sebelumnya)
68.         CTRL sambil menyeret /men-drag sebuah item (Menyalin item yang dipilih)
69.         CTRL+ALT+END (Membuka kotak dialog microsof Windows NT Security)
70.         DELETE (Hapus/ Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor)
71.         DOWN (Memindahkan kursor 1 baris ke bawah)
72.         END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif/ Pindahkan posisi kursor ke akhir baris)
73.         ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif/ mengakhiri suatu paragraf)
74.         ESC (Membatalkan dialog / perintah sekarang)
75.         F1 (Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word
76.         F10 (Mengaktifkan Menu)
77.         F11 (Memasukkan field berikutnya / Mail Merge/ penggabungan surat)
78.         F12 (Mengaktifkan dialog Save As / simpan sebagai)
79.         F2 (Mengubah nama suatu file/ folder dipilih)
80.         F3 (Menjalankan perintah AutoText)
81.         F4 (Mengulangi perintah sebelumnya)
82.         F5 (Menjalankan perintah Find and Replace atau Go to/ Memperbarui jendela aktif atau merefresh)
83.         F6 (Menjalankan Perintah Other Pane)
84.         F7 (Memeriksa kesalahan ketik dan ejaan teks/ spelling)
85.         F8 (Awal perintah penyorotan/ pemilihan teks atau objek)

86.         F9 (Mengupdate Field/ Mail Merge)
87.         HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif/ Memindahkan posisi kursor ke awal baris)
88.         Insert (Menyisip karakter di posisi kursor)
89.         Left (Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri)
90.         LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK (Mengaktifkan Mouse Tombols on atau off)
91.         LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN (Beralih High Contrast on atau off)
92.         LEFT ARROW (Buka menu sebelah kiri, atau menutup submenu)
93.         LEFT ARROW (Collapse pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder utama)
94.         LEFT ARROW (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)
95.         Logo Windows + BREAK (Menampilkan kotak dialog System Properties)
96.         Logo Windows + D (Menampilkan desktop)
97.         Logo Windows + E (Membuka My Computer)
98.         Logo Windows + F (Mencari file atau folder)
99.         Logo Windows + F1 (Menampilkan kotak Windows Help)
100.     Logo Windows + L (Mengunci keyboard)

101.     Logo Windows + M (Meminimalkan semua jendela)
102.     Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)
103.     Logo Windows + SHIFT + M (Memulihkan jendela yang diminimalkan)
104.     Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
105.     NUM LOCK + Asterisk sign [* ] (Menampilkan semua subfolder yang berada di bawah folder yang dipilih)
106.     NUM LOCK + Minus sign [ - ] (Collapse folder yang dipilih)
107.     NUM LOCK + Plus sign [ + ] (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
108.     Num Lock Off (Fungsi tombol navigasi aktif)
109.     Num Lock On (Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
110.     NUM LOCK selama lima detik (Mengaktifkan ToggleTombols on atau off)
111.     Page Down (Menggulung layar ke bawah
112.     Page Up (Menggulung layar ke atas)
113.     PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
114.     PRIN SCRN + printer aktif (Mencetak snapshot/ jendela keseluruhan)
115.     RIGHT ARROW (Menampilkan pilihan saat ini, atau pilih subfolder pertama/ Pindah ke kanan atau ke awal baris berikutnya)
116.     Right SHIFT selama delapan detik (Beralih Filter Tombols on atau off)
117.     Shift + Delete (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item am Recycle Bin)
118.     SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih/ Membuka menu pintas)
119.     SHIFT + F3 (3x) (Semua huruf kecil)
120.     SHIFT + F3 [1x] (Huruf depan Kapital)
121.     SHIFT + F3 [2x] (Semua Huruf kapital/besar)
122.     SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui pilihan)
123.     Shift + Tab (Bergerak mundur melalui pilihan)
124.     SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop/ pilih teks dalam dokumen)
125.     SHIFT ketika memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/ autoplay)
126.     SHIFT lima kali (Mengaktifkan Sticky Tombols on atau off)
127.     Shortcut (Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
128.     SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang jika pilihan yang aktif adalah check box)
129.     TAB (Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal)
130.     Tombol F1 (Membuka topik Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)
131.     Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start)

Baik lah......... kita tinggalkan sejenak tentang keyboard, saya sekarang akan kupas tentang perangkat lunak. Komputer tidak akan lepas dari perangkat lunak (software) karena merupakan salah satu bagian terpenting dari komputer itu sendiri. Komputer merupakan sistem elektronik yg fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yg telah di rancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yg tersimpan di memori (stored program).Agar dapat melakukan tugasnya itu maka diperlukanlah perangkat lunak (software),
Pengertian perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Disini saya tidak akan membahas seluruhnya tentang software akan tetapi akan membahas t salah satu dari software yang sering digunakan adalah Microsoft Excel . 

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Maka tak heran jika Excel seringkali digunakan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini sangat lengkap dan sangat penting dalam proses pengolahan data perusahaan. Selain itu, Excel juga memiliki formula yang memudahkan kita melakukan sebuah perhitungan dalam pengolahan data tersebut. Aplikasi ini juga sangat penting dalam pembuatan grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Aplikasi Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor. Bahkan Excel merupakan aplikasi yang populer yang banyak digunakan untuk kebutuhan olahan data atau manajemen data. Berdasarkan sejarahnya, Excel bermula dari sebuah program berupa spreadsheet yang dibuat di tahun 1982 dengan sebutan Multiplan. Program ini awalnya sangat populer untuk sistem operasi CP/M, namun tidak untuk MS-DOS karena sudah terdapat saingannya seperti Lotus 1-2-3. Sehingga pihak Microsoft sendiri mulai mengembangkan aplikasi terbaru dari spreadsheet, yakni Excel.

Mari kita lihat sejarah awal mula dari Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tetapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam praktiknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antar muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tetapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKSWK1WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tetapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
1.     WK1 (1-2-3)
2.     WK4 (1-2-3)
3.     WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
4.     WKS (1-2-3)
5.     WK3 (1-2-3)
6.     WK1 FMT(1-2-3)
7.     WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
8.     WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
9.     DBF 2 (dBASE II)
10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
11. WK3,FM3(1-2-3)
12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
13. WK1, ALL(1-2-3)
14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tetapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
1.     Microsoft Excel 2.1 Worksheet
2.     Microsoft Excel 2.1 Macro
3.     Microsoft Excel 3.0 Worksheet
4.     Microsoft Excel 3.0 Macro
5.     Microsoft Excel 4.0 Worksheet
6.     Microsoft Excel 4.0 Macro
7.     Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
8.     Microsoft Excel 4.0 Workbook
9.     DBF 3 (dBASE III)
10. DBF 4 (dBASE IV)

Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
·         *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·         *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·         *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
·         *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·         *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
·         *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tetapi dapat menyimpan macro VBA.
·         *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tetapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·         *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tetapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
·         *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
   Demikian tulisan atau paparan tentang Keyboard dan Microsoft Excel semoga paparan ini menjadikan sebuah ilmu bagi saya dan umumnya bagi yang membaca, tetaplah menjadi bagian dari teknologi sebab teknologi terus akan berkembang.......
Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel diambil pada tanggal 12 maret 2017



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK