E-MAIL DAN ETIKANYA

Sangat lah menarik yang tidak ada hentinya mengupas tentang teknologi dunia maya, mulai dari peragkat yang meunjang sampai kepada jaringan Inter Connected Network (Internet). Yang sudah dibahas sebalumnya dalam “Internet dan Profesi pendidik” bahwasannya dimulai pada bulan Agustus 1962 internet diciptakan dan penciptanya bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network”. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. 

Sebenarnya keberadaan email lebih tua dibanding ARPnet atau internet. Email muncul dan berkembang dari hal yang sederhana. Pada awalnya email hanyalah suatu yang sedikit lebih canggih dari pengetahuan kita saat ini sebagai file dan directory/folder, yaitu email pada saat itu hanya meletakkan pesan pada directory user (pengguna) lain di tempat dimana mereka dapat melihatnya ketika user lain tersebut melakukan login. Sistem email pertama dengan cara kerja seperti diatas adalah MAILBOX, yang digunakan pada Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1965. Disertai program untuk mengirim pesan pada komputer yang sama yang disebut SNDMSG.

Dari perkembangan Internet itu sendiri terjadi peristiwa yang mana Konsep email diciptatakan pertama kali oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman "BBN" milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya" Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer "saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian.

Pada tahun 1971, Ray Tomlison, sabagai salah satu kontraktor ARPANET, dia memanfaatkan simbol @ agar email dapat mengirim pesan ke pengguna pada komputer lain yang terhubung pada jaringan ARPANET. Jadi simbol @ adalah untuk memisahkan antara user/mailbox dengan komputer servernya. Ray Tomlinson diakui sebagai ilmuwan penemu email. Pada tahun 1980, Simple Mail Transfer Protocol ( SMTP versi awal ) diperkenalkan oleh Jon Postel sebagai standar untuk menyerabarkan berbagai protocol transfer email yang ada sebelumnya ( MailBox Protocol, FTP Mail, dan Mail Protocol ). Selanjutnya pada Agustus 1982, protocol SMTP secara resmi di publikasikan sebagai standar baru protocol untuk transfer dengan kode RFC 821, juga oleh Jon Postel.
Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Isi Pesan dengan Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa," kata Ray dalam akun Flickr miliknya.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ "Indonesia dibaca ET" sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ "bahasa inggris ditulis AT" artinya adalah Kepada. Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
Sebelum lebih lanjut mari kita lihat tayangan yang menarik di bawah ini......


Email adalah singkatan dari “Electronic Mail” yaitu sarana kirim mengirim surat/pesan secara elektronik yaitu melalui jalur internet. Surat tersebut dapat berupa teks saja, maupun gabungan dengan gambar. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko) tetapi surat elektronikumumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan /akses internet. 

Email memiliki dampak besar pada jumlah informasi yang dikirim di seluruh dunia. Hal ini telah menjadi metode penting dari transmisi informasi yang sebelumnya disampaikan melalui surat biasa, telepon, kurir, fx, televisi atau radio. E-mail juga bisa disalahgunakan oleh seseorang untuk bisnis tertentu yang mengirimkan pesan komersial yang tidak diminta, pada tahun 2003 e-mail disahkan undang undang yang dirancang untuk mengurangi spam. Pengirim dari konten pornografi/dewasa yang terkait harus secara jelas mengidentifikasi konten tersebut di baris subjek. Undang undang mengharuskan semua e-mail pesan komersial, diminta atau tidak diminta, untuk menyertakan sebuah alamat pos yang valid dan mekanisme out-put dalam tubuh teks sehingga penerima dapat mencegah pengumpulan e-mail. para supplants undang undang federal memberikan semua undang undang negara sebelumnya dan memerlukan perubahan perilaku pada bagian pengguna e-mail. Sebelumnya, e-mail pengguna yang disarankan untuk tidak menanggapi spam karena respon tersebut hanya akan mengverivikasi keabsahan dari alamat e-mail. Federal Trade Comission adalah menyusun database pelanggar spam. Orang yang menerima pesan spam atau yang terus menerima pesan yang tidak diminta setelah pemberitahuan seharusnya meneruskan permohonan untuk uce@ftc.gov untuk mengajukan pengaduan dengan FTC.

E-mail mempunyai kelebihan dalam penggunaannya yaitu Nyaman, untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor POS, cukup duduk di depan komputer yang tehubung internet dan ketik pesan lalu dikirim kealamat tujuan. Bahkan sekarang ini E-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti pansel, PDA (Personal Assistant Data) atau android. Cepat hanya dalam hitungan detik E-mail dapat dikirim kebelahan dunia manapun. Murah jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya kita tidak perlu membeli kertas, pulpen atau memboroskan tinta printer untuk digandakan alalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.

Akan tetapi tentu dari kelebihan E-mail juga ada kelemahan dalam pengguanaannya, diantaranya :
1.     Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.


2.    Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.


3.     Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.


4.    Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
5.    Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
6.    Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada, kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

Kita mungkin sering kali menggunakan E-mail akan tetapi kita sering tidak tau istilah dalam E-mail, mari kita lihat istlah-istilah dalam E-mail :
1.     Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2.    Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3.    Compose : Menulis surat baru
4.    Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5.    To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6.    CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7.    BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8.    Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9.    Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11.  Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

Sebenarnya E-mail ada 3 jenis, diantaranya 


POP mail, E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda, Kelebihannya adalah Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email dan Kekurangannya Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat. 

Web Based Mail, Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web, Kelebihannya adalah Anda bisa mencek email anda dari mana saja, Kekurangannya Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.



Email Forwarding, Kelebihannya Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru

Opss........!!!!! sebelum berakhir dalam bahasan tentang E-mail ada yang lupa dan sering dianggap sepele, padahal patal akibatnya kalau kita tidak memperhatikannya, karena E-mail bisa dikategorikan dalam jenis komunikasi, kita tau sendiri bahwa komunikasi itu suatu proses pertukaran informasi dari komunikator kepada komunikan yang melalui media, karena E-mail itu adalah proses komunikasi tentu harus ada etika atau aturan dan bisa juga norma yang harus dipakai, apalagi kita budaya timur yang memegang teguh pada norma yang ada

Ada beberapa etika dalam penggunaan E-mail
1.     Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
2.    Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
3.    Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
4.    Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
5.    Dan tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun, adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Jelas sudah bahwa E-mail adalah saran  kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya innternet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan memberi perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.Tapi ada pengecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayaranya ditagih per pengiriman. Dan juga didalam komunikasi melalui E-mail kita harus memperhatikan tata cara atau etika yang berlaku di dunia maya. Baiklah kayanya udah banyak sekali informasi yang saya berikan, mudah – mudahan sangat bermanfaat dan bisa diaplikasi dalam sehari –hari atau juga dalam dunia pendidikan.



Referensi : 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK