Memanjakan Laptop Dengan Menggunakan CCleaner

Saya mempunyai mobil thn 1983, mobil tua, kusam dan bodynya banyak yang kropos, akan tetapi mesin mobil tersebut masih bagus dan tidak ada kendala apapun ketika di bawa perjalanan jauh, mobil tua tersebut sudah menempuh jarak sekitar kurang lebih 60.000 KM, akan tetapi sampai sekarang mobil tersebut belum pernah turun mesin atau ganti mesin, bayangkan mobil tahun 1983 sampai sekarang, berarti 34 tahun mobil tersebut mesinnya masih bagus dan mampu untuk mengantarkan saya kemanapun say mau, walaupun saya sudah 7 tahun bersama mobil ini. Saya memanjakan mobil ini seperti seorang wanita yang perlu perawatan agar selalu terlihat segar dan energi. 

Tetapi dalam postingan kali ini saya tidak akan membahas tetang memanjakan mobil tua saya yang sudah keriput cat nya apalagi memanjakan wanita yang banyak ini itunya,,hehehehe, disini saya akan memanjakan mainan lama tapi baru tipenya yaitu laptop atau Notebook. Pada tahun 1993 saya menganal komputer portebel yang sistem oprasinya masih menggunakan DOS, bagi saya tidak begitu aneh ketika melihat komputer, karena ayah saya pernah memperkenalkan komputer waktu saya masih duduk di bangku SMP, ketika itu ayah saya membawa saya ke kantor dan disana saya diperkenalkan serta diajak untuk mencoba mengoprasikannya, ingat waktu itu pertama kali saya mengoprasikan komputer dengan game pacman. Tahun 1993 saya di sekolah belajar komputer dengan sistem oprasi memakai DOS, pelajaran pertama kali yaitu Lotus 123, kl sekarang adalah excel, rumit pertama kali mengoprasikan lotus dan kesan ribet, karena ada dua disket yang masuk dan sampai sekarang tidak pernah bisa. Pada tahun 1995 adalah puncak perkembangan komputer dimana pada bulan Agustus 1995, Miocrosoft memperkanalakan Windows 95. Pada waktu itu saya sudah mengenal yang namanya komputer secara baik walaupun masih banyak belajar. Ok.. teman teman kita akan memanjakan wanita.....hhhhmmmm salah maksud saya memanjakan laptop mari kita lihat sejarah nya dulu dan bisa dilihat tayangan di bawah ini tentang History Of The Laptop


History Of The Laptop
Notebook atau laptop pertama yang diciftakan didunia adalah , dirancang pada tahun 1979 oleh Bill Moggridge, seorang desainer industri Inggris. Dijual dengan harga $ 8.150, itu jelas bukan komputer untuk semua orang. Target pengguna adalah pengusaha dan pejabat pemerintah. Ini juga digunakan oleh Angkatan Darat AS di lapangan dan di NASA Space angkutan selama era 90′an. Berat 5kg (£ 11) komputer menampilkan electroluminescent 320 × 200px, layar Eld, sebuah prosesor Intel 8086, bubble memory 340kb magnetik dan kasus magnesium alloy datar kembali. Floppy drive dan hard drive dapat terhubung ke eksternal.
Pada 1983 Compaq mengeluarkan produk pertamanya yang juga cukup sukses, yaitu Compaq Portable. Produk ini merupakan komputer kloning IBM, karena pada saat itu IBM merupakan program standar untuk semua komputer. Komputer ini lebih mudah dibawa jika dibandingkan dengan Osborne 1 karena lebih ringan. Sistim operasi yang digunakan sama dengan Osborne 1, yaitu CP/M OS. Selain itu komputer ini juga menjalankan program Ms-DOS.
Keberadaan laptop yang dapat diperdebatkan dimulai dengan peluncuran GRID Compas 1101 pada bulan April 1982. Komputer ini di disain oleh Bill Moggridge dari British Industrial pada tahun 1979. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah campuran magnesium dengan mengambil model kulit kerang (Clamshell). Dengan model ini komputer dapat ditutup dengan posisi layar berada di atas dan berhadapan dengan keyboard.
Pada tahun 1983 dikeluarkan komputer baru yang baru terjual sekitar tahun 1984, yaitu Sharp PC-500 dan Gavilan adalah komputer portabel pertama yang menggunakan nama ‘laptop’. Kedua komputer ini menggunakan model yang sama dengan GRID Compass, yaitu model kulit kerang. Selain itu keduanya juga menggunakan layar LCD dan dapat dihubungkan dengan printer optional.



 Padatahu 1983 juga diluncurkan sebuah komputer yang mampu melakukan penjualan terbanyak untuk pertama kalinya sepanjang sejarah laptop, yaitu Kyocera Kyotronic 85. Laptop ini dengan cepat dilisensi oleh Tandy Corp., Olivetti, dan NEC. Mereka melihat komputer ini mempunyai potensi yang besar untuk sukses seperti halnya TRS-80 Model 100 (atau Tandy 100), Olivetti M-10, NEC PC-8201.

Mesin ini dioperasikan dengan menggunakan baterai AA standar. Tandy melengkapinya dengan program BASIC, teks editor, dan program terminal, yang disediakan oleh Microsoft dan ditulis langsung oleh Bill Gates. Selain itu diaplikasikan juga layar LCD tiltable dengan 8 x 40 karakter dan internal modem.
Dilihat dari segi kemudahan dalam membawanya, daya tahan baterai dan pemakaian yang lama, serta harganya yang murah, komputer ini menjadi favorit para wartawan. Berat laptop ini tidak lebih dari 2 kg, dengan dimensi 30 x 21.5 x 4.5 cm (12” x 8.5” x 1.75”).Selain itu laptop ini menggunakan RAM sebesar 8 KiB yang bisa dinaikkan menjadi 24 KiB, dan prosesor 3 MHz.

Pada tanggal 3 April 1986 IBM meluncurkan laptopnya yang pertama dengan tujuan komersial, yaitu IBM PC Convertible. Laptop ini dilengkapi dengan 3.5” floppy disk drive yang merupakan perangkat standar. Prosesor yang digunakan adalah Intel 80c88, yang merupakan versi CMOS dari Intel 8088, yang beroperasi pada 4.77 MHz. Di dalamnya juga terdapat RAM sebesar 256 KiB yang dapat diperbesar menjadi 512 KiB. Dengan layar LCD dan berat 13 pound, komputer ini dilengkapi dengan pegangan yang memudahkannya untuk dibawa. Laptop ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

Pada tahun 1987 Toshiba meluncurkan dua buah produk sekaligus, yaitu T1000 dan T1200. Walaupun terbatas hanya menggunakan DOS dan sistem operasinya tersimpan pada ROM, dua model dari Toshiba ini mempunyai bentuk yang sangat kecil dan ringan sehingga muat untuk dibawa dalam tas punggung. Selain itu juga menggunakan baterai lead-acid.
Pada tahun 1987 Angkatan Udara AS menawarkan kontrak untuk membuat laptop dalam jumlah yang besar, mencapai 200.000 unit. Persaingan untuk memperebutkan kontrak ini terjadi diantara industri laptop yang besar, seperti IBM, Toshiba, Compaq, NEC, dan Zenith Data System (ZDS).
Pada tahun 1988 diluncurkan Cambridge Z88 oleh Cambridge Computer. Komputer ini didisain oleh Sir Clive Sinclair, dengan bentuk sebesar kertas A4. Komputer ini menggunakan tenaga dari baterai standar dan dilengkapi dengan basic spreadsheet, word processor, serta program untuk komunikasi. Laptop ini adalah cikal bakal pembuatan PDA.
Pada tahun 1989 dua perusahaan berbeda, NEC dan Apple Computer, meluncurkan laptopnya masing-masing, yaitu NEC Ultralit dan Apple Machintosh Portable. Nec Ultralit diluncurkan pada pertengahan tahun 1989. Laptop ini kemungkinan merupakan notebook pertama yang diproduksi oleh NEC. Laptop ini mempunyai berat tidak kurang dari 2 kg. Pada komputer ini di dalamnya telah terdapat hard drive dan RAM sebesar 2 mebibyte.
Machintosh Portable yang diluncurkan oleh Apple Computer mempunyai layar active matrix yang jernih dan baterai yang dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Sayangnya dengan kondisi tersebut, penjualan Mac Portable tergolong jelek. Hal ini disebabkan bentuk dari Mac Portable yang kurang menarik.

Seri laptop keluaran Apple Computer, Apple Power Books, mulai diluncurkan pada tahun 1991. ini adalah standar laptop secara de facto yang terus bertahan hingga kini. Hal ini terlihat pada penempatan keyboard, tersedianya palm rest, dan trackball. Seri Power Books selanjutnya untuk pertama kalinya menggunakan layar dengan 256 warna (Power Books 165c keluaran tahun 1993), touchpad, dan perekam suara 16-bit. Selain itu juga terdapat Ethernet Network Adapter (seri Power Books 500 keluaran tahun 1994).

Musim semi tahun 1995 merupakan titik balik yang signifikan dalam sejarah komputer notebook. Pada bulan Agustus 1995, Miocrosoft memperkenalkan Windows 95. Ini adalah untuk pertama kalinya Microsoft memegang kendali penuh pada manajemen sistim operasi (operating system). Windows 95 sangat cocok untuk diaplikasikan pada prosesor Intel Pentium dan sesuai dengan ROM yang ada pada notebook. Dan dalam perkembangannya notebook atau laptop saat ini semakin bagus dan semakin canggih.

Itu mungkin sejarah  panjang laptop, jika dikatakan sejarah singkat laptop tidak akan mungkin, karena kenyataannya memang panjang,,, pemeliharaan notebook atau laptop tidak jauh berbeda dengan wanita.. opps.. maksudnya dengan mobil tua saya.  Cara saya memanjakan laptop ya dengan jalan merawatnya dengan baik, berikut cara saya:

1. Bersihkan
Bisaanya debu pada nempel dibagian-bagian monitor atau keyboard. Makanya saya pasang alat pelindung keyboard dan layar monitornya agar debu tidak menempel langsung pada laptop. Debu pada laptop dapat dibersihkan dengan menggunakan hairdryer untuk mengusir debu yang menempel, kemudian baru dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus komputer atau laptop.

 2.    Tidak mentransfer data/file dari flasdisk sembarangan
Flashdisk adalah media untuk menyimpan data yang kemudian dapat ditransfer dari laptop satu ke laptop yang lainnya. Karena sering banyak singgah dimana saja, bisaanya flashdisk rentan kena virus. Jika transfer data dapat menggunakan email, mungkin lebih aman dikirim lewat email saja.

3.    Dipasang anti virus
Jika terpaksa harus menggunakan flashdisk untuk mentransfer file, maka harus jaga-jaga dengan memasang anti virus, agar dapat terhindar dari virus yang merusak baik program ataupun hardware.

4.    Tidak menginstall program yang tidak perlu
Terlalu banyak program yang ada dalam laptop dapat mengurangi kecepatan laptop dan memberatkan kerja laptop, makanya program yang diinstall usahakan program-program yang memang dibutuhkan dan sering digunakan.

5.    Jangan terlalu sering digunakan untuk main game
Kebisaaan main game juga dapat membuat komputer nge-hang, karena terlalu lama digunakan, apalagi kalau jenis permainannya berat.

6.    Merapihkan kabel
Setiap setelah dicharge, rapihkan kabel jangan sampai membuat orang lain tersandung, apalagi kalau kabelnya masih nempel pada laptop, bisa-bisa jatuh laptopnya.

7.    Menjauhkan handphone
Saat sedang digunakan, Sebisa mungkin jauhkan laptop dari barang-barang elektronik yang menghasilkan gelombang elektromagnetik seperti handphone, speaker dan sebagainya, karena dapat merusak.

8.    Merawat batre
Merawat batre agar tetap tahan lama, sebaiknya tidak menggunakan laptop dalam keadaan sedang tercharge, nanti baterainya full baru digunakan lagi.

9. Membelainya
Konyol terdengarnya tapi ini sering dilakukan setelah saya memakainya, karena laptop saya masih baru dan biasanya barang baru suka di manja sampai lupa yang dirumah hahahahaha....soalnya laptop saya ini hampir tiap hari menemani saya kemana mana, dan bisa dikatakan sekretaris pribadi yang cantik seperti halnya mobil tua saya yang siap mengatarkan saya kemana mana.

Wanita yang cantik dan bersih tidak hanya dirawat dari luarnya saja, tetapi para wanita yang ingin terlihat sempurna dia akan merawat bagian dalamnya yaitu dalam diri wanita tersebut seperti atitude dan kecerdasan berpikir, wanita yang cerdas pasti akan banyak menyukainya karena wanita tersebut pasti mempunyai ilmu yang baik juga. Seperti halnya laptop untuk merawat tidak hanya luarnya saja tetapi dalam nya juga harus dirawat, laptop ini sering saya gunakan dalam aktifitas sehari-hari. Adapun aktifitas itu diantaranya adalah mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan administrasi guru, untuk browsing, mendengarkan musik serta menonton video dan lain sebagainya. Windows akan terasa berat  dalam proses loading yang disebabkan dengan semakin banyaknya tumpukan file sampah atau file yang tidak terpakai. 
File sampah biasanya berada pada folder temp, recyler bin, dan registry yang tidak terpakai dari program dan aplikasi yang di uninstall sebelumnya. Pemakaian koneksi jaringan internet juga memakai memory cache. Misalnya membrowsing memakai mozillla  dengan membuka beberapa situs web, kapasitas memory cache akan bertambah. Setelah selesai dan keluar dari mozilla frefox, masih ada file sampah yang tidak dibersihkan akan menumpuk di folder temp tersebut. Hard disk dan RAM juga akan menyusut karena adanya sampah-sampah tersebut. Agar windownya dapat beroperasi lebih optimal, maka harus dirawat dan dimanjakan dengan menggunakan software, ada beberapa aplikasi yang bisa merawat software laptop, yaitu dengan menggunakan Ccleaner.
CCleaner adalah perangkat lunak yang cukup sederhana dan powerful untuk menghapus dan membersihkan semua file sampah seperti Cookies, history browser, file temporary dan banyak lagi. Tanpa kita sadari saat kita melakukan kegiatan berselancar di internet kinerja windows atau komputer kita semakin lambat dan ruang hard disk semakin berkurang, bisa jadi ini disebabkan sampah registry windows, seperti junk registry entries, junk cookies yang menumpuk pada hard disk.
CCleaner menjadi pilihan banyak orang karena banyaknya fasilitas yang disediakan seperti Registry Cleaner, administrasi Program Aplikasi, System Restore, Drive Wiper dan lain-lain. Jika ingin membersihkan file sampah menggunakan software, dapat mencoba CCleaner.

Terdapat 4 Menu utama yang ada di Dalam CCleaner (Crap Cleaner)
1.     Cleaner (untuk membersihkan cache yang tertinggal saat user selesai berselancar di internet

2.    Registry ( Sama juga seperti cleaner tapi sifatnya lebih mengarah ke Pembersihan registry yang gagal)

3.    Tools ( untuk menguninstall program yang sudah ada di program C, dan juga terdapat menu start up, System Restore, dan driver wiper.)

4.    Options (pengaturan untuk setting penggantian bahasa, untuk mengatur cokie,include,exclude,advanced.)

pada intinya yang sering saya gunakan pada software ccleaner ini adalah hanya untuk menghapus history pada browser jadi penggunaanya cukup mudah dan cepat, akan tetapi jika anda ingin mengetahui penggunaan yang lebih detail dari fitur -fitur yang software ini sediakan maka anda simak baik – baik penjelasan dari saya. Adapun tata cara menggunakan Ccleanear adalah sebagai berikut :
1.     Pertama yang harus di lakukan adalah mendownload CCleaner. Kalau sudah didownload silahkan instal. Menginstal CCleaner sangat mudah.
2.    Setelah terinstal, tinggal menjalankannya. Setelah terbuka tinggal klik Run Cleaner. Setelah selesai, akan melihat berapa besar ukuran file sampah yang sudah dibersihkan oleh CCleaner. Laptop/notebook pun sudah bersih.
3.    Selain itu, dapat membersihkan file registry yang sudah tidak terpakai di laptop/notebook. File registry yang akan kita bersihkan merupakan file konfigurasi system dari program komputer yang kita unistall.
File sampah registry ini kalau tidak tidak kita hapus akan memberatkan laptop/notebook. Cara membersihkannya adalah klik Registry > Scan for Issues. Tunggu sampai selesai. Setelah ada laporan hasil scan, klik Fix Selected Issues. Setelah itu  pilih Yes dan simpan file registry yang akan bersihkan. Ini untuk berjaga-jaga khawatir ada file/program yang error setelah pembersihan.  
a.      Kelebihan Dari CCleaner
CCleaner memberikan pilihan berupa list aplikasi pihak ketiga dan klasifikasi berkas-berkas yang berpotensi menjadi crap (sampah). Untuk pembersihan cookies, kita juga dapat  tetap melindungi cookies yang masih ingin kita pertahankan. Setelah kita memilih, dengan satu klik, maka CCleaner akan otomatis mencari semua file yang termasuk klasifikasi yang kita pilih. Untuk satu kali operasi, waktu tercepat yang dibutuhkan mencapai 1.3s dalam hasil scanning berkisar satuan kilobytes. Untuk komputer yang tergolong “tempat sampah”, biasanya membutuhkan waktu 3s-8s dengan hasil scanning berkisar 20-80 megabytes. CCleaner bisa menemukan file sampah yang tidak terdeteksi. Ccleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan jejak atau history di web browser, file temporary di Windows, membuang dan memperbaiki kesalahan registry, bahkan bisa dipakai untuk membuang instalasi software yang membandel karena tidak bisa di-uninstall dengan cara reguler.
b.      Kekurangan Dari Ccleaner
CCleaner selalu menghapus startup registry dari sistem aktivasi online sehingga selalu muncul “Cannot find registration file to run the program.” Seringkali CCleaner juga ikut menghapus file-file startup registry yang lain. Yang lebih parah nya Ccleaner dapat menghilangkan kemampuan deteksi Windows Vista ketika Kaspersky Internet Security aktif sebagai firewall, sehingga Windows masih tetap mengaktifkan Windows Defender sehingga sering terjadi error koneksi internet.
 Menurut saya CCleaner bekerja sangat cepat dan cermat mengidentifikasi crap file dalam sistem. CCleaner bisa dibilang yang  terbaik dan paling aman digunakan bahkan oleh pengguna komputer kelas pemula. Cara penggunaannya pun relatif sangat mudah dan efisien, tinggal point dan click. Platform OS yang didukung juga cukup luas. CCleaner pun bisa dipakai mulai dari Windows 95 ke atas, bahkan Windows 7. Tetapi untuk pengguna dengan tingkat pemahaman setting komputer rendah, mungkin CCleaner masih menjadi alternatif saja, karena terdapat pilihan daftar operasi pembersihan yang mungkin harus dipahami lebih lanjut.

Nah mungking itu yang bisa saya persembahkan, cuma saran dari saya jangan terlalu memanjakan barang yang kita miliki akan tetapi manjakankan lah wanita yang kita miliki, karena dengan memanjakan wanita yang kita miliki maka secara tidak langsung dia akan memperhatikan barang yang kita sayangi... terakhir mungkin kita bisa melihat laptop masa depan.



Referensi
https://widyaastorina.wordpress.com/memanjakan-notebook-pribadi-perlukah/ diambil pada tanggal 12 April 2017 
http://rikiahmadt.blogspot.co.id/2015/09/saatnya-memanjakan-notebooklaptop.html diamabil pada tanggal 12 April 2017
http://musamovement.blogspot.co.id/2016/03/memanjakan-notebook.html diambil pada tanggal 12 April 2017
https://www.youtube.com/watch?v=Wxqa4UTfcDc diambil Pada tanggal 13 April 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK