Membuat Mobile Learning Dengan Menggunakan Wondershare PPT2DVD


Hai...hai..hai... ketemu lagi dengan Didda, sudah begitu lama tidak berjumpa dalam membagi ilmu, sekarang saya memcoba untuk memberikan sedikit ilmu tentang Mobile Learning dengan menggunakan Wondershare PPT2D. Cukup menarik untuk di bahas, karena dengan perkembangan jaman teknologi sangat pesat dan hampir semua masyarakat menggunakannya. Mobile learning didefinisikan oleh Clark Quinn [Quinn 2000] sebagai : The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. ELearning independent of location in time or spaceBerdasarkan definisi tersebut maka mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Hal penting yang perlu di perhatikan bahwa tidak setiap materi pengajaran cocok memanfaatkan mobile learning.
Istilah mobile learning (m-Learning) mengacu kepada penggunaan perangkat/divais teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, Laptop dan tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran. Mobile Learning (m-Learning)merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) sehingga, dengan sendirinya, juga merupakan bagian dari distance learning (d-Learning)
Beberapa kemampuan penting yang harus disediakan oleh perangkat pembelajaran m-Learning adalah adanya kemampuan untuk terkoneksi ke peralatan lain (terutama komputer), kemampuan menyajikan informasi pembelajaran dan kemampuan untuk merealisasikan komunikasi bilateral antara pengajar dan pembelajar. M-Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi pervasif, dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, m-Learning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi secara ad hoc dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.

 Konten pembelajaran dalam m-Learning terdiri dari beberapa macam. Konten tersebut sangat terkait dengan kemampuan perangkat untuk menampilkan atau mengoperasikan mobile learning. Keragaman jenis konten ini menuntut untuk membuat konten-konten yang tepat dan sesuai dengan karakteristik perangkat maupun kemampuan pengguna. Konten di dalam M-Learning di antaranya: Teks, Gambar, Audio, Video, dan Aplikasi Perangkat Lunak.
Untuk membuat konten Teks, Gambar, Audio, dan Video biasanya menggunakan aplikasi PowerPoint. Sedangkan untuk memindahkan materi yang dibuat melalui software menjadi mobile learning tentunya harus dibantu oleh perangkat lunak atau software lain yag mendukung. Salah satu software yang bisa digunakan untuk membuat mobile learning adalah Wondershare PPT2DVDPro. 
Wondershare PPT2DVDPro adalah aplikasi yang digunakan untuk mengubah presentasi PowerPoint menjadi film DVD atau video. Membuat m-learning melaui Wondershare PPT2DVDPro tidak terlalu sulit, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat mobile learning adalah dengan mempersiapkan materi ajar melalui Powerpoint. Agar mobile learning dapat dibaca pada gadget ukuran kecil, sebaiknya ukuran teks pada powerpoint minimal 40. Berikut ini adalah gambar contoh slide pada powerpoint yang akan dibuat mobile learning.

Slide 1 (Teks dan Gambar)
Slide 2 (Teks dan Audio/musik)
Slide 3 (Teks dan Video)
Berikut ini adalah l
Setelah mempersiapkan materi pelajaran pada powerpoint, simpan atau Save As file tersebut, kemudian tutup powerpont.
Klik dua kali icon Wondershare PPT2DVDPro pada layar desktop, selanjutnya akan keluar tampilan seperti berikut:



Selanjutnya klik Create Video Files, sehingga akan tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian klik +Add untuk meng import file Ms PowerPoint materi pelajaran yang telah disimpan di komputer.


Pilih file materi ajar yang sudah dibuat pada aplikasi powerpoint. Kemudian klik ‘open’.
Pada saat meng-import file Ms PowerPoint akan tampil gambar seperti di bawah ini:
Selanjutnya klik Next untuk menuju langkah berikutnya.




Pilih salah satu jenis video yang sesuai dengan keinginan, namun disarankan untuk memilih jenis video yang kapasitasnya rendah, salah satu contohnya ‘AVI’. Kemudian klik ‘Next’.


Selanjutnya klik ‘star’ untuk memulai memproses file materi pelajaran.
 Apabila muncul pemberitahuan “Before you star conversion, please close all media players on your computer ”, maka klik ‘ok’ untuk melanjutkan.
Pada saat proses konversi file, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
 Setelah proses konversi selesai, klik menu file yang terdapat di bawah “click to play the video (s)”
 Apabila file telah diklik, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Apabila proses konversi telah selesai, dan videonya sudah bisa dibuka, maka file video tersebut bisa dipindahkan ke perangkat yang lain, seperti HP, Tab, atau gadget lainnya melalui perangkat Bluetooth, Kabel data, atau melalui email. Dengan demikian, materi ajar yang dibuat sudah dapat digunakan kapanpun dan di manapun.

Demikian cara membuat M Learning dengan menggunakan Wondershare PPT2D, semoga bermanfaat..

referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/M-learning
https://blogzulkifli.wordpress.com/2012/01/21/pengertian-mobile-learning/
http://yuliaeryu.blogspot.co.id/2016/04/membuat-mobile-learning-melalui.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Digital Book (E-Book) Dengan Nitro PDF dan 3D Page Flip Profesional

Multimedia Pembelajaran Dengan Menggunakan iSpring

INTERNET DAN PROFESI SEORANG PENDIDIK